Sabtu, 05 Oktober 2013

OUTBOUND ADALAH

Pelatihan Alam Terbuka (Outbound Training) sudah ada sejak jaman yunani kuno. Pendidikan melalui kegiatan di Alam Terbuka ini dilakukan mulai tahun 1821, Secara sistematik pendidikan melalui kegiatan dimulai pada tahun 1941 di Inggris. Lembaga Pendidikan outbound didirikan oleh pendidik berkebangsaan Jerman bernama Kurt Hahn dan pedagang Inggris bernama Lawrence Holt, berdasarkan metode (Adventured Based Education) yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dikalangan masyarakat bahwa tindakan mereka membawa konsekuensi dan menumbuhkan rasa kebersamaan dan kasih sayang pada orang lain.
OUTBOUND adalah suatu program pelatihan dengan konsep belajar sambil bekerja, belajar sambil melakukan, serta belajar dengan pegalaman. Dengan alam sebagai medianya akan memberikan nilai tambah serta memperkuat tujuan yang harus dicapai. Dalam upaya pengembanan aset tersebut melalui para INDIVIDU yang dilibatakan dalam pelatihan ini. Dengan role to mode yang diterapkan dalam program ini, akan menjadikan peserta paham serta menyadari betapa penting dirinya bagi kelangsungan organisasi begitupun sebaliknya, termasuk keluarga dan masyarakat.
Esensi dari program Outbound ini adalah mengupayakan setiap individu, sebagai bagian dari organisasi dapat menempatkan diri apapun posisi dan jabatan yang dimilikinya sebagai sebuah tanggung jawab yang besar untuk mencapai tujuan tertinggi organisasi. Berdasarkan kemampuan individu, tim dengan modal mental yang positif, sesuai dengan tanggungjawab terhadap organisasi, dengan menggunakan metode pengajaran Andragogi dipadu dengan simulasiserta diskusi sehingga mengoptimalakan setiap tujuan yang hendak dicapai dalam setiap sessi dan program pelatihan.

  • Metode ini adalah sebuah simulasi kehidupan komplek menjadi sederhana. Alam semesta adalah sumber kearifan dan tempat belajar bagi semua orang. Kegiatan dalam Outbound Training adalah untuk menggambarkan kehidupan yang komplek dengan cara sederhana melalui penggunaan secara metafora. 
  • Metode Outbound Training menggunakan pendekatan melalui pengalaman (Experiental Learning ) menggunakan cara yang memberikan sebuah pengalaman langsung kepada para peserta pelatihan.
  • Metode ini penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan.


Outbound Training  adalah sebuah metode pelatihan dengan menggunakan simulasi-simulasi kecil yang dikemas dalam permainan yang menyenangkan, yang akan menumbuhkan semangat kebersamaan dalam satu team. Bersantai bergembira sekaligus membentuk dan memahami pola sikap dan pola pikir team dalam kegiatan pelatihan dengan alam bebas sebagai medianya. Outbound sendiri dilandasi oleh semangat nilai budaya dan berimplementasi 10 nilai-nilai perilaku.


  • Self Confident - Mengatasi batas-batas keraguan diri. Mengekspresikan pendapat dan membuat keputusan, berani mencoba pengalaman baru.
  • Adaptability - Dinamis dan sensitive terhadap perubahan. Merubah dan mengatasi lingkungan baru serta menerima gaya-gaya baru.
  • Detrmination - Ketabahan dan kesulitan, menjaga ucapan, mengatasi kebosanan/ ketidaksenangan dari tugas. Mengerjakan apa yang mereka tahu itu benar.
  • Reacting to Challenge - Mengulangi tantangan baru dan menikmatinya, memperoleh kepuasan dari menyelesaikan tugas yang sulit.
  • Decision Making - Memberikan umpan yang baik yang membangun untuk membuat keputusan. Keinginan untuk bertanggung jawab atas keputusan yang telah dibuat.
  • Accountability - Membuat keputusan setelah mempertimbangkan, mengamati secara langsung dan memperhitungkannya. Membuat penafsiran diri.
  • Team Work - Memecahkan permasalahan bersama dengan yang lainnya. Menikmati bagian dari sebuah team. Kebutuhan kelompok diatas kebutuhan pribadi. Menerima umpan umpan balik dan bertindak dalam kesatuan.
  • Focus - Selalu fokos terhadap tujuan dan selalu memberikan kemampuan terbaik.
  • Leadership - Bertanggung jawab dalam kelompok untuk kelompok. Membuat keputusan untuk kelompok. Memimpin dengan memberi contoh.
  • Kesempurnaan - Menghasilkan hasil yang maksimal dengan waktu yang minimal dalam setiap kegiatan Outbound dan selalu direview untuk diperbaiki sehingga mencapai kesempurnaan.
Lihat Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar